Bagaimana Cara Atur Brightness Ponsel Agar Tak Merusak Mata? Begini Idealnya

Jakarta – Tiada hari tanpa gadget. Ya, tak hanya generasi millenials saja, saat ini hampir semua orang di dunia ini memiliki dan menggunakan gawainya lebih dari delapan jam sehari.

Selain bikin kecanduan, bahaya lain dari penggunaan gadget dari layar ponsel atau laptop yang bisa mempengaruhi kesehatan mata. Lantas, bagaimana solusinya untuk meminimalisir risiko akibat gawai?

Banyak yang percaya bahwa menjaga kecerahan layar ponsel dan laptop pada pengaturan minimum mungkin adalah hal yang ideal untuk dilakukan. Namun, pada kenyataannya, para ahli optik tidak setuju dengan cara seperti itu, seperti dikutip dari Times of India.

Jika kecerahan gadget terlalu rendah, Anda akan memusatkan perhatian pada matanya. Ini terjadi karena Anda harus fokus dengan susah payah. Meski ini tidak menyebabkan kerusakan jangka panjang tetapi tetap saja dapat menyebabkan sakit kepala.

Jika kecerahan layar pada gadget lebih dari 50 persen, mata mungkin tidak berisiko mengalami kerusakan permanen. Tetapi akan muncul banyak masalah jangka pendek, seperti ketegangan mata, iritasi mata, mata kering dan juga buram.

Para pakar kesehatan mata percaya bahwa kecerahan layar gadget yang ideal itu tergantung pada cahaya ambient atau cahaya di sekitar Anda. Aturan sederhananya Anda harus memastikan bahwa kecerahan layar gadget Anda setara dengan cahaya di sekitar Anda, sehingga cahaya dari ponsel dan sekitar Anda akan berbaur dan tidak membuat mata bekerja lebih keras.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah hindari pemakaian gadget saat hendak tidur. Alasannya adalah itu dapat mengganggu tidur Anda karena mempengaruhi hormon tidur, yakni melatonin. Bahkan bukan hanya itu saja, gangguan ini juga dapat menyebabkan masalah pada memori atau daya ingat Anda pada keesokan harinya.

Lain cerita jika Anda memang harus menggunakan gadget pada malam hari, pastikan Anda menyesuaikannya dengan lampu kamar Anda.

Sebenarnya ada cara-cara yang masih bisa dilakukan demi menjaga kesehatan mata Anda. Salah satunya dengan menggunakan aturan 20:20:20. Aturan yang sangat efektif yang berarti bekerja selama 20 menit di depan layar kemudian istirahat 20 detik, di mana Anda melihat dindiing atau benda yang jaraknya 20 kaki atau sekitar 6 meter.

(hrn/up)

Comments
Loading...