Jelang Wajib Militer, Aktor Korea Jang Geun Suk Mengaku Idap Bipolar

Jakarta – Aktor Korea Selatan Jang Geun Suk mengaku mengalami gangguan jiwa bipolar. Meski begitu, gangguan jiwanya ditengarai tidak akan mengganggu wajib militer yang akan dijalaninya.

Hal ini disampaikan oleh agensi sang aktor, Tree J Company. Disebutkan bahwa Jang Geun Suk pertama kali didiagnosis bipolar pada tahun 2011, dan diagnosis tersebut kembali muncul saat dirinya melakukan tes medis sebelum mengikuti wajib militer.

Meski begitu, Jang Geun Suk menyebut tidak meminta keringanan apapun, termasuk penundaan wajib militer. Ia pun akan menjalani wajib militer sebagai public service worker.


“Jang Geun Suk berusaha sebaik mungkin untuk mengalahkan gangguan bipolarnya, dan bekerja keras setiap hari untuk bisa menyeimbangkan efek samping dari proses ini,” demikian pernyataan dari Tree J Company, dikutip dari Soompi.

Gangguan bipolar adalah kondisi kejiwaan di mana seseorang mengalami perubahan mood secara ekstrem. Pengidap gangguan bipolar bisa tiba-tiba merasa sangat bahagia, dan dalam sekejap menjadi murung, sedih dan depresif.

WebMD menyebut fase bahagia dan senang memuncak ini dikenal sebagai fase manik. Saat mengalami hal ini, seseorang bisa kehilangan kontrol terhadap dirinya sendiri dan terlihat bersemangat, enerjik dan meriah.

Di sisi lain, fase sedih disebut dengan fase depresi. Pada fase ini, pengidap bipolar bisa mengalami kesedihan yang amat sangat, malah melakukan hal apapun, hingga menangis secara tiba-tiba.

Penyebab gangguan bipolar sendiri belum diketahui secara pasti. Namun pakar percaya bahwa gangguan bipolar disebabkan oleh ketidakseimbangan neurotransmitter pada otak yang berhubungan dengan suasana hati.

(mrs/up)

Comments
Loading...