Kenali Tingkatan Cedera Hamstring Seperti yang Dialami Edinson Cavani

Jakarta – Penyerang Uruguay Edinson Cavani dilaporkan mengalami cedera hamstring saat melawan Portugal di Piala Dunia 2018, Minggu (1/7). Dirinya dipapah keluar lapangan namun bisa tersenyum bangga karena dua kali berhasil membobol gawang lawan membuat negaranya bisa maju ke babak perempat final.

Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, mengaku tidak tahu pasti seberapa parah cedera Cavani. Ia hanya bisa berharap penyerang andalannya itu bisa turun melawan Prancis Jumat (6/7) mendatang.

Tonton juga ‘Cavani Cedera, Uruguay Tak Gentar Hadapi Prancis’:

[Gambas:Video 20detik]

Memang apa sih cedera hamstring itu? Menurut National Health Service Inggris cedera ini terjadi ketika otot besar di paha bagian belakang mengalami beban lebih dari batasnya sehingga tertarik, robek, atau tercabut. Lama pemulihan akan sangat tergantung dari tingkat keparahan cedera.

Cedera ringan atau tingkat pertama terjadi saat otot hamstring meregang akibat tertarik. Biasanya cedera seperti ini tidak perlu tindakan dan bisa pulih sendiri dalam waktu beberapa hari.

“Non-pembedahan dilakukan pada kasus regangan/tarikan (strain),” kata dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT, kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Sementara itu cedera hamstring tingkat dua terjadi saat otot mengalami sobek sebagian. Paha mungkin akan tampak membengkak dan kaki yang terpengaruh kehilangan sebagian kekuatannya.

Nah cedera hamstring yang terakhir, tingkat tiga, terjadi saat otot betul-betul terlepas dari tulang. Seseorang mungkin bisa merasa seperti ada sesuatu yang terlepas diikuti oleh rasa nyeri hebat. Operasi mungkin dilakukan dan waktu pemulihannya bisa sampai berminggu-minggu.

(fds/up)

Comments
Loading...