Sebenarnya Berapa Lama Sih Manusia Bisa Hidup?

Jakarta – Hidup yang diimbangi dengan kesehatan fisik serta jiwa yang baik sering dikaitkan dengan resep agar awet muda dan berumur panjang. Namun sebenarnya berapa lama kita bisa hidup?

Kita pernah tahu ada beberapa orang mencapai usia ratusan tahun. Orang tertua di dunia yang pernah tercatat dalam sejarah adalah seorang wanita Prancis bernama Jeanne Calment, yang meninggal di tahun 1997 di usia 122 tahun.

Di Acciaroli, sebuah desa kecil di selatan Italia, sekitar satu dari 60 warganya berusia di atas 90 tahun. Ada sebuah survey pada 4.000 warga Italia yang mengungkapkan bahwa angkat mortalitas meningkat hingga batas usia sekitar 105 tahun.

“Setelah mencapai usia lanjut pada 105 tahun, kemungkinan kematian di tahun berikutnya menurun hingga 50 persen,” ungkap salah satu peneliti, Francesco Lagona, dikutip dari New York Times.

Sejak tahun 1900, rata-rata harapan hidup di dunia telah meningkat tinggi karena semakin baiknya layanan kesehatan, sanitasi, dan suplai makanan. Namun berdasarkan studi tersebut di atas menunjukkan bahwa sebenarnya kita belum mencapai ‘batas’ sebenarnya dari usia kita sebagai manusia.

“Kalaupun ada batas biologis yang pasti, kita belum mendekatnya. Kita belum mencapai usia maksimal untuk manusia,” kata Elisabetta Barbi, salah satu peneliti lainnya.

Akan tetapi, Siegfried Hekimi, seorang ahli biologi dari McGill University meragukan hasil studi baru ini. Karena menurutnya, mereka tidak menjelaskan mengapa angka kematian merata di kalangan lansia yang lebih tua.

Dr Hekimi berspekulasi bahwa selama kita hidup, sel-sel tubuh kita mengalami kerusakan dan hanya dapat memperbaiki sebagian dari mereka. Seiring waktu tubuh kita juga ikut melemah.

“Bisa jadi para lansia ini hidup santai dan sedikit lebih simpel. Hasilnya, mereka mengakumulai kerusakan yang lebih sedikit dalam sel-selnya, yang dapat mereka perbaiki,” katanya.

Ia menyebut teori ini beralasan dan masuk akal. Namun sayangnya belum ada bukti yang dapat mendukungnya. Ia hanya bisa memastikan, dengan penelitian lebih jauh pasti akan bisa ditemukan.

(frp/up)

Comments
Loading...