35 Wisata Semarang Hits dan Wajib Dikunjungi di Tahun 2018

Jakarta Kamu kebetulan sedang berlibur ke Semarang? Well, ada banyak objek wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi lho. Sebabnya luas wilayah Semarang ini mencakupi area pegunungan hingga laut. Belum lagi kuliner Semarang juga beragam macamnya.

Nah, dirangkum Liputan6.com (25/6) berikut adalah beberapa daftar wisata Semarang hits di tahun 2018 yang wajib untuk kamu kunjungi, mulai dari wisata Semarang alam, wisata kuliner, hingga wisata Semarang yang membawa suasana romantis yang bisa kamu kunjungi dengan pasangan.

Wisata Semarang terbaru

1. Wonderia

Selain menyuguhkan wisata alam, Semarang juga memiliki wisata buatan sebagai tempat bermain untuk anak-anak dan keluarga seperti Wonderia. Objek wisata Wonderia memiliki banyak wahana seperti bianglala, kereta listrik, dan tentu saja kolam renang dengan segala macam permainannya yang disukai anak-anak.

2. Water Blaster

Wahana bermain lainnya yang bisa kamu kunjungi di Semarang adalah Water Blaster. Ada beragam wahana yang dapat kamu coba seperti Water Slider, Beach, atau Kolam Ombak bagi kamu yang doyan bermain air. Namun jika kamu enggan berbasah-basah ria, kamu bisa mencoba Flying Fox, Slide Race, Paint Ball, Jungle Tree, hingga Cross Over dengan ATV.

3. Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Anak muda zaman sekarang sangat suka dengan kegiatan selfie dan fotografi. Jika kamu menyukai hal yang sama, kamu bisa mengunjungi Old City 3D Trick Art Museum yang ada di Semarang. Ada banyak spot berfoto yang keren, mural cantik, serta beragam materi berfoto yang bisa kamu coba di sini.

4. Taman KB

Taman KB sebenarnya memiliki nama asli Taman Menteri Supeno. Taman ini dibangun ini dibangun sebagai paru-paru kota Semarang serta menambah keasrian Semarang.

5. Semarang Contemporary Art Gallery

Jika Old City 3D Trick Art Museum Semarang dibangun untuk memenuhi hasrat foto selfie, maka Semarang Contemporary Art Gallery ditujukan pada mereka yang memiliki minat pada seni buatan seniman lokal maupun internasional.

Wisata alam Semarang

6. Mangrove Tapak

Hutan Mangrove Tapak sebenarnya adalah wisata alam terbaru di Semarang. Namun karena Mangrove Tapak menyajikan pemandangan hutan mangrove yang tak biasa sehingga banyak wisatawan yang kemudian berfoto di sini dan membagikan dihalaman media sosial mereka.

7. Goa Kreo

Goa Kreo terletak Dukuh Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Semarang. Saat mengunjungi goa ini maka kamu akan disambut dengan banyak monyet. Oleh karena itu kamu wajib menjaga barang bawaanmu karena biasanya monyet di tempat ini suka merebutnya.

8. Pantai Marina

Karena terletak di tepi laut, Semarang juga memiliki wisata bahari. Dan Pantai Marina adalah salah satu contohnya. Pantai ini dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti kolam renang, jet ski, hingga taman bermain untuk anak-anak sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

9. Watu Gunung

Watu Gunung menyuguhkan wisata pegunungan yang dilengkapi dengan kolam renang dengan air jernih dan pemandangan hijau menyejukkan. Watu Gunung terletak di Jl. Srikandi Raya No.1, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang.

10. Brown Canyon

Sebenarnya Brown Canyon yang terletak di Semarang ini bukanlah tempat wisata alam. Melainkan merupakan tempat bekas penggalian pasir sehingga menciptakan hamparan bukit yang berpalung dalam nan eksotik menyerupai pemandangan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Karena pemandangan inilah Brown Canyon dikunjungi banyak wisatawan sebagai tempat wisata instragamable.

Wisata malam Semarang

 

11. Lawang Sewu

Lawang Sewu menjadi destinasi wisata Semarang yang begitu tersohor. Gedung ini dinamakan demikian sebab memiliki banyak pintu yang menambah nilai eksotis di gedung tua bersejarah ini. Saking tuanya, tak sedikit yang menjadikan Lawang Sewu sebagai wisata malam yang bisa memacu adrenalin. Terlepas dari suasana horor yang tercipta, mengunjungi Lawang Sewu di malam hari bisa kamu jadikan materi instagram sehingga fotomu jadi terlihat keren.

12. Tugu Muda

Tugu Muda yang ada di Semarang ini dibangun untuk mengenang Pertempuran Lima Hari saat pemuda Semarang melawan penjajah Jepang. Tugu Muda yang dikelilingi oleh taman cantik ini kerap dikunjungi di malam hari karena pemandangannya yang begitu cantik.

13. Taman Pandanaran

Menikmati udara segar dengan duduk-duduk di taman memang menyenangkan. Dan hal ini bisa kamu lakukan di Taman Pandanaran yang memiliki luas sekitar 6000 meter persegi. Kamu bisa mengunjunginya di malam hari sekedar untuk melihat denyut nadi kota Semarang.

14. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang merupakan pusat kota Semarang. Tentu tidak afdol jika kamu tidak melangkahkan kaki ke Simpang Lima saat berkunjung ke Semarang. Selain dikelilingi penjaja kuliner khas Semarang yang siap memanjakan perutmu, kamu juga bisa mengelilingi kawasan ini dengan naik becak hias. Mengunjunginya di malam hari akan memberikan bonus pemandangan Semarang di malam hari yang tenang.

15. Jalan Pahlawan Semarang

Bosan dengan acara duduk-duduk di taman saat malam hari? Langkahkan kaki ke Jalan Pahlawan Semarang yang dipenuhi bangunan kuno bersejarah yang terlihat begitu indah di malam hari.

16. Gereja Blenduk

Selain Lawang Sewu, ada pula bangunan tua yang terkenal di kota Semarang yaitu Gereja Blenduk. Bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1753 ini seringkali dikunjungi para wisatawan untuk mengagumi cantiknya arsitektur serta interior yang juga bisa dimanfaatkan untuk berfoto.

17. Kota Tua Semarang

Wisata Semarang terkenal dengan wisata sejarahnya. Dan kamu bisa menemukannya saat kamu berkunjung ke kawasan Kota Tua Semarang. Tak hanya berisi beragam bangunan bersejarah, kawasan ini juga dipenuhi dengan wisata kuliner, wisata belanja, hingga wisata edukasi.

18. Kampung Batik Semarang

Tak hanya Solo dan Yogyakarta saja yang punya kampung batik, Semarang pun punya. Kampung Batik Semarang sendiri berada di dekat pasar Johar dan Kota Lama Semarang. Selain bisa berbelanja atau belajar membatik, di sini kamu juga bisa melakukan selfie karena banyaknya mural bertemakan batik yang unik.

19. Kampung Seni Palebon

Selfie nampaknya memang menjadi barang jualan utama di tempat-tempat wisata. Tak terkecuali Kampung Seni Palebon ini. Berada di Pedurungan, Semarang, kampung seni memajang beragam karya seni yang bisa kamu manfaatkan sebagai materi berfoto.

20. Museum Rekor Indonesia

Selain ada di Mall of Indonesia, Muserum Rekor Indonesia juga bisa kamu temukan di Semarang tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan 275 Srondol, Semarang. Di museum ini dipajang beragam koleksi dan dokumentasi yang memecahkan rekor MURI.

Wisata kuliner Semarang

Semarang memang terkenal dengan Lumpianya. Namun selain Lumpia, masih banyak wisata kuliner khas Semarang yang bisa kamu coba satu per satu kelezatannya.

21. Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

Sebenarnya tak hanya dikenal karena durian saja, Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar juga dipenuhi beragam sayur dan buah-buahan. Selain sebagai taman edukasi, Watu Simbar juga cocok dijadikan sebagai tempat piknik keluarga.

22. Kampoeng Semawis

Tiba di Semarang pada malam hari dengan keadaan perut lapar? Maka tak ada salahnya jika kamu mengunjungi Kampoeng Semawis yang terletak di kawasan Pecinan. Di sepanjang jalan ini, terdapat beragam kios makanan yang menjajakan makanan khas Semarang seperti lumpia, bakmi jawa, cakwe, wedang ronde, atau nasi gandul dengan harga yang murah.

23. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Bagi kamu yang penggemar daging kambing, cobalah untuk mengunjungi gulai kambing Bustaman Pak Sabar. Berjualan sejak tahun 1969, gulai kambing Bustaman memiliki ciri kuah yang gurih dengan potongan daging atau jerohan yang besar dan bumbu yang meresap hingga ke dalamnya. Diberi perasan jeruk nipis, maka kuahnya jadi bercita rasa gurih. Gulai kambing Bustaman terletak di kawasan Kota Lama, Semarang.

24. Bakmi Jawa Pak Ateng

Olahan bakmi Jawa memiliki cita rasa gurih kuah kaldu ayam kampung dengan aroma khas anglo. Jika kebetulan kamu sedang berada di Semarang, kamu bisa mengunjungi Bakmi Jawa Pak Ateng yang berada di Jalan Ki Mangunsarkoro, Karangkidul.

25. Babat Gongso Pak Karmin Mberok

Babat gongso adalah babat yang diolah dengan cara ditumis menggunakan kecap dan bumbu khas. Ada banyak warung atau restoran di Semarang yang menjual olahan babat gongso. Salah satunya adalah Babat Gongso Pak Karmin Mberok yang terletak tak jauh dari Jembatan Berok, tepatnya di Jalan Pemuda.

26. Tahu Gimbal Pak Edi

Tahu gimbal juga merupakan makanan khas Semarang yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke kota Bandeng ini. Sepiring tahu gimbal berisi potongan lontong, gimbal atau bakwan udang, tahu goreng lembut, irisan kol segar, dan kemudian disiram dengan bumbu kacang gurih nan legit. Jika ingin mencobanya, kamu bisa berkunjung ke Tahu Gimbal Pak Edi terletak di Jalan Pahlawan, yang tak jauh dari kawasan Simpang Lima.

27. Nasi Gandul Pak Memed

Nasi Gandul juga menjadi makanan yang wajib kamu kunjungi saat ke Semarang. Seporsi nasi gandul terdiri dari nasi yang kemudian disiram dengan kuah seperti semur dan berisi potongan daging atau jerohan sapi. Yang menjadikan makanan ini unik adalah penyajiannya menggunakan suru atau sendok dari daun pisang. Salah satu penjual nasi gandul yang terkenal di Semarang adalah Nasi Gandul Pak Memed yang terletak di Jalan Dr. Cipto 12A.

28. Es Puter Cong Lik

Kepanasan berkeliling kota Semarang? Dinginkan diri sejenak dengan jajan Es Puter Cong Lik yang sudah berdiri sejak tahun 1984 ini. Uniknya, Es Puter Cong Lik hanya memakai bahan alami tanpa bahan pengawet sehingga rasa yang ditawarkan benar-benar otentik.

29. Leker Paimo

Leker bisa dibilang menjadi jajanan yang sedang naik daun di Semarang. Dan yang paling terkenal adalah Leker Paimo yang bisa kamu temukan di Jalan Karanganyar No 37 (depan SMA Kolese Loyola). Jika biasanya kamu menemukan leker dengan topping gula atau susu kental manis cokelat biasa, maka Leker Paimo memiliki aneka topping mulai dari yang manis hingga gurih.

30. Pisang Plenet Pak Tuko

Pisang Plenet adalah jenis olahan pisang bakar yang kemudian dipipihkan atau dalam bahasa Jawanya ‘plenet’. Kamu bisa menemukan olahan dessert khas Semarang ini di warung tenda Pisang Plenet Pak Tuko di kawasan Kampoeng Semawis. Tak hanya dibakar, Pisang Plenet memiliki beragam topping seperti kacang, keju, selai, hingga cokelat.

Tempat wisata Semarang romantis

31. Wisata Semarang Gunung Telomoyo

Pemandangan yang disuguhkan oleh Gunung Telomoyo di sore hari amatlah cantik karena keberadaan sunset yang terlihat dari gunung di ketinggian 1.894 mdpl ini. Namun ingat, selalu jaga kebersihan di mana pun kamu berada terutama di wisata alam Gunung Telomoyo yang wajib dijaga keasriannya.

32. Rawa Pening

Meskipun terletak cukup jauh dari pusat kota, namun tak ada salahnya jika kamu mengunjungi Rawa Pening demi mendapatkan pemandangan senja yang romantis. Kamu juga bisa berkeliling di area rawa menggunakan kapal warna-warni untuk menikmati syahdunya senja.

33. Citra Grand

Citra Grand sebenarnya merupakan nama perumahan di Semarang. Tak hanya mengusung konsep hunia saja, Citra Grand memiliki taman dan wahana bermain. Salah satu wahana yang paling populer adalah bianglala yang memiliki ketinggian 30 meter. Ketika kamu menaikinya di sore hari, maka akan terpampang pemandangan senja yang romantis.

34. Bukit Gombel

Tak hanya pantai saja, Semarang juga memiliki area dataran tinggi yakni Bukit Gombel. Mengunjunginya di malam hari membuatmu bisa melihat pemandangan kerlap-kerlip lampu kota Semarang yang tentu saja menciptakan suasana romantis.

35. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm adalah kebun bunga krisan yang saat ini jadi tempat wisata populer di kalangan anak muda Semarang. Cantiknya warna-warni bunga di perkebunan yang terletak di Bandungan ini pastinya membuat suasana jadi romantis.

Dengan banyaknya tempat wisata di Semarang, maka tak ada alasan untuk tidak mengunjungi Semarang bukan?

Comments
Loading...