Ada Teknologi NFC pada Bola Adidas Telstar 18 di Piala Dunia 2018

TEMPO.CO, Jakarta – Piala Dunia 2018 diwarnai dengan munculnya teknologi baru, seperti virtual assistant referee (VAR), yang ramai dibicarakan. Namun, selain VAR, ternyata teknologi baru juga terdapat pada bola resmi yang digunakan dalam kompetisi sepak bola empat tahunan ini.

Baca: Ini 5 Inovasi Teknologi yang Muncul di Piala Dunia 2018

Tahun ini, bola yang digunakan adalah Telstar 18. Dilansir dari NPR, 20 Juni 2018, bola ini merupakan pengembangan dari bola Telstar yang digunakan dalam Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Telstar 18 tak hanya memiliki desain baru, tapi juga teknologi yang pertama kali digunakan pada bola, yaitu adanya chip Near Field Communication (NFC).

NFC adalah teknologi yang memungkinkan smartphone, tablet, maupun laptop berbagi data dengan perangkat lain yang dipasangi NFC. Dengan teknologi ini, sebagaimana dilansir dari Digital Trends, 11 Juni 2018, informasi mengenai bola bisa diakses dengan gawai.

Teknologi NFC yang dipasang pada bola Telstar 18 merupakan hasil kerja sama Adidas, perusahaan olahraga Jerman yang telah menjadi produsen resmi bola Piala Dunia sejak 1970, dengan perusahaan perangkat lunak Blue Bite.

Saat ini, pemasangan NFC tidak berpengaruh banyak bagi pemain di lapangan. Namun memang target yang disasar adalah konsumen pembeli produk bola tersebut. Ia memiliki berbagai fitur yang dapat dinikmati pembelinya.

“Penggemar akan memiliki akses ke berbagai tantangan yang berbeda setiap minggu. Beberapa video eksklusif pemain Piala Dunia atau memamerkan selebrasi gol unik mereka sendiri,” ujar Direktur Pemasaran Produk Blue Bite Rachel Furst.

Penggunaan NFC pada produk olahraga bukanlah yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, Nike telah menerapkannya pada produk NikeConnect. Pada produk ini, NFC dipasang pada seragam pemain basket NBA. Sama seperti pada Telstar 18, penggunaan NFC ditujukan untuk para konsumen, yang nantinya dapat membuka konten-konten eksklusif dan informasi pemain.

Meski begitu, penggunaan NFC pada produk olahraga memungkinkan pengembangan pada masa depan, seperti memberikan informasi kekuatan tendangan, jarak operan, dan sebagainya. Kita tunggu saja.

Simak artikel lain tentang Piala Dunia 2018 di kanal Tekno Tempo.co.

DIGITAL TRENDS | NPR | MUHAMMAD ABI MULYA

Comments
Loading...