Piala Dunia 2018: Grup F Sangat Ketat, Begini Peluang Jerman

TEMPO.CO, Jakarta – Grup F Piala Dunia 2018 yang diisi Meksiko, Jerman, Swedia, dan Korea Selatan menyuguhkan persaingan yang ketat hingga pertandingan kedua fase penyisihan grup. Kondisi itu terlepas dari kekalahan Jerman, yang merupakan juara bertahan, pada laga pertama mereka.

Meksiko tampil sebagai tim kejutan dengan memuncaki klasemen Grup F setelah mendulang dua kemenangan, 1-0 atas Jerman dan 2-1 atas Korea Selatan. Mereka kini di ambang lolos ke babak 16 besar, meski masih mungkin tergelincir.

Jerman sudah bangkit dari keterpurukan seusai kalah memalukan pada laga pertama atas Meksiko. Pasukan Joachim Loew itu membalikkan kedudukan untuk mengalahkan Swedia 2-1 berkat gol penentu dari tendangan bebas Toni Kroos di ujung laga.

Der Panzer merangsek ke urutan kedua dengan perolehan tiga poin, menyamai koleksi angka Swedia yang meraih satu kemenangan atas Korea Selatan pada laga pembuka.

Berdasarkan hitung-hitungan poin dan lawan yang akan dihadapi, Jerman berpeluang besar lolos ke babak 16 besar asalkan menang atas Korea Selatan dalam laga pamungkas pada 27 Juni mendatang.

Namun Swedia juga masih berpeluang lolos asalkan mampu mengalahkan Meksiko dengan skor yang lebih besar daripada Jerman atas Korea Selatan.

Berikut ini beberapa skenarionya.

Jerman lolos jika:

– Menang berapa pun jumlah gol atas Korea Selatan (Jerman 6 poin), asalkan Swedia (3 poin) kalah dari Meksiko.
– Menang berapa pun jumlah gol atas Korea Selatan (Jerman 6 poin), asalkan Swedia (4 poin) imbang dari Meksiko.
– Menang atas Korea Selatan dengan jumlah gol lebih banyak (Jerman 6 poin) jika Swedia (6 poin) menang dari Meksiko dengan jumlah gol lebih sedikit daripada Jerman.
– Imbang atas Korea Selatan (Jerman 4 poin), asalkan Swedia (3 poin) kalah dari Meksiko.

Swedia lolos jika:

– Menang berapa pun jumlah gol atas Meksiko (Swedia 6 poin), jika Jerman (3 poin) kalah dari Korea Selatan.
– Menang berapa pun jumlah gol atas Meksiko (Swedia 6 poin), jika Jerman (4 poin) imbang dari Korea Selatan.
– Menang atas Meksiko dengan jumlah gol lebih banyak (Swedia 6 poin) jika Jerman (6 poin) menang dari Korea Selatan dengan jumlah gol lebih sedikit.
– Imbang atas Meksiko (Swedia 4 poin), asalkan Jerman (3 poin) kalah dari Korea Selatan.

Korea Selatan lolos jika:

– Menang lebih dari dua gol atas Jerman (3 poin), dan Swedia (3 poin) kalah dari Meksiko dengan jumlah kemasukan lebih dari dua gol.

Meksiko bisa tersingkir jika:

– Kalah oleh Swedia dengan selisih lebih dari dua gol, dan Jerman menang atas Korea Selatan dengan selisih gol lebih banyak dari Meksiko. Jika hal itu terjadi, Jerman, Swedia, dan Meksiko sama-sama mengumpulkan 6 poin dan ditentukan berdasarkan selisih gol, produktivitas, hingga catatan fair play.

Klasemen sementara Grup F Piala Dunia 2018
Meksiko             2   3-1  6
Jerman              2   2-2  3
Swedia               2   2-2  3
Korea Selatan   2   1-3  0

Comments
Loading...