Persiapan Haji Akan Difokuskan di Indonesia


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan keterangan pers hasil Sidang Isbat di Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (14/6). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.


Jakarta: Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, persiapan penyelenggaraan haji 2018 sedang difokuskan di Indonesia. Langkah ini dilakukan menjelang pemberangkatan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama dua pekan kedepan.

“Misalnya finalisiasi pengurusan administrasi dokumen perjalanan haji seperti paspor dan visa,” kata Lukman seperti dilansir Antara di Jakarta, Senin, 2 Juli 2018.



Lukman menyebut, sebanyak 204.000 jamaah haji reguler Indonesia pada 2018 akan diberangkatkan melalui 13 embarkasi mulai 17 Juli 2018. Jamaah akan diberangkatkan secara bertahap hingga 15 Agustus 2018.

Dia mengatakan persiapan di Tanah Air lainnya juga sedang dalam proses. Seperti pembentukan kloter-kloter, pembenahan asrama dan embarkasi haji serta transportasi jamaah pada keberangkatan.

Sementara untuk di Arab Saudi, dia menjelaskan intensif dilakukan kesiapan untuk penginapan, transportasi serta penempatan di Mina yang memasuki tahap finalisasi. “Proses finalisasinya hotel dikontrak, bis angkutan untuk Armina, Masyair semua sudah 100 persen,” pungkas Lukman.

(DEN)

Comments
Loading...