Brasil Tumpas Serbia, Maju ke Babak 16 Besar sebagai Juara Grup E





Moskow – Brasil memastikan diri melangkah ke fase knockout Piala Dunia 2018. Brasil lolos sebagai juara Grup E setelah mengatasi perlawanan Serbia dengan skor akhir 2-0.

Jalannya Pertandingan

Brasil memulai pertandingan dengan bagus. Di menit keempat, umpan terobosan Philippe Coutinho dari kiri jatuh di jalur Gabriel Jesus. Tembakan Jesus diselamatkan lalu disapu dari jarak dekat. Meskipun, ini tidak dihitung karena offside.


Serbia keluar dari tekanan Brasil. Sebuah umpan silang dari sisi kanan menemui Aleksandar Mitrovic di dekat tiang. Namun, serangan Serbia gagal setelah dipatahkan Thiago Silva.

Brasil menyerang lagi. Di menit ke-18, operan cantik Coutinho menemui Jesus di depan. Kiper Vladimir Stojkovic buru-buru meninggalkan sarangnya untuk menyapu bola sebelum bisa dijangkau Jesus.

Peluang emas lain dari Brasil tujuh menit berselang. Jesus melepaskan operan yang bergulir di sela-sela kaki bek Serbia kepada Neymar untuk diteruskan dengan tembakan dari sudut sempit. Stojkovic mampu membaca arah bola sehingga bisa menepisnya.

Respons dari Serbia. Di menit ke-34, Dusan Tadic menerima umpan silang yang diteruskan dengan cukilan di area titik penalti di mana Mitrovic mencoba sepakan ambisius yang melambung tinggi.

Kebuntuan Brasil terpecah dua menit kemudian. Umpan lambung Coutinho melewati lini pertahanan Serbia, yang diselesaikan Paulinho dengan sentuhan untuk mengalahkan penjagaan Stojkovic. Brasil memimpin 1-0.

Keunggulan Brasil nyaris bertambah di masa injury time. Kerjasama dengan Filipe Luis diakhiri Neymar dengan sepakan melengkung dari tepi kotak penalti ke tiang jauh. Meski bola masih melebar.

Usai turun minum, Serbia gencar menyerang Brasil Sebuah peluang emas tercipta, yang sayangnya terlewatkan.

Di menit ke-61, umpan silang Antonio Rukavina ditepis Alisson, bola pantul dicecar Mitrovic dari jarak dekat. Namun, Mitrovic gagal mengarahkan sundulannya yang malah mengenai Thiago Silva.

Tekanan lain dari Serbia kurang dari lima menit kemudian. Sebuah crossing dari sayap kanan diteruskan Mitrovic dengan sundulan. Bola mengarah tepat ke pelukan Alisson.

Di bawah tekanan lawan, Brasil justru mampu mencuri gol untuk memperbesar skor. Dari sepak pojok Neymar, Thiago Silva menyambut dengan sundulan yang meluncur deras ke gawang Serbia tanpa bisa dihentikan Stojkovic. Brasil kini unggul 2-0 atas Serbia di menit ke-68.

Brasil belum berhenti menekan Serbia. Berawal dari situasi bola mati, sepakan voli Filipe Luis ke arah gawang mampu diselamatkan Stojkovic.

Memasuki 10 menit terakhir, Brasil kembali meneror Serbia. Dalam posisi tidak terkawal, Wililan mengirim umpan yang sempat mengenai pemain belakang Serbia, bola diteruskan Neymar dengan sepakan dari dalam kotak penalti meski masih melambung.

Umpan cukil Fernandinho ke sayap kiri jatuh ke jalur Neymar di dalam kotak. Pemain yang disebut terakhir mencoba mencukil bola melewati Stojkovic, tapi si kiper masih sigap mengantisipasinya.

Usaha Neymar untuk menambah keunggulan Brasil mentah di injury time. Mendapatkan bola di kotak penalti, Neymar mencoba melewati Stojkovic yang sudah jatuh, gagal.

Pertandingan berakhir, Brasil berhak atas kemenangan 2-0.

Susunan Pemain

SERBIA: Stojkovic, Kolarov, Rukavina, Veljkovic, Milenkovic, Matic, Tadic, Kostic (Radonjic 82′), Milinkovic-Savic, Ljajic (Zivkovic 75′), Mitrovic (Jovic 89′)

BRASIL: Alisson, Joao Miranda, Thiago Silva, Fagner, Marcelo (Filipe Luis 10′), Paulinho (Fernandinho 66′), Coutinho (Renato Augusto 80′), Casemiro, Willian, Neymar, Gabriel Jesus

(rin/nds)




Comments
Loading...