Mahalnya Taksi Usai Pesta Kemenangan Rusia





Moskow – Pesta kemenangan Rusia atas Spanyol berlangsung semalam suntuk di kota Moskow. Di balik pesta tersebut, tersimpan cerita sulitnya mencari angkutan umum.

Rusia berhasil melangkah ke perempatfinal Piala Dunia 2018 usai menyingkirkan Spanyol di laga babak 16 besar yang dihelat di Luzhniki Stadium, Minggu (1/7/2018) sore waktu setempat. Bermain imbang 1-1 selama 120 menit, Rusia menang adu penalti dengan skor 3-2.

Kemenangan dramatis itu tentu saja disambut suka cita oleh warga Rusia, terlebih di ibukota mereka, Moskow. Anda akan banyak menemukan banyak warga lokal berpesta dengan bernyanyi, berjoget, dan minum-minum di bar-bar kota hingga dekat Red Square.


detikSport menyaksikan sendiri bagaimana euforia warga Moskow yang berpesta pora hingga lewat tengah malam. Jalan-jalan protokol macet dan antrean mobil pun sedemikian panjangnya.

Foto: Mohammad Resha Pratama/detikSport

Namun pesat itu menimbulkan sejumlah masalah. Sejumlah orang, termasuk sebagian penduduk lokal, mesti gigit jari ketika mau memakai Metro atau kereta bawah tanah. Sebab di jam-jam tersebut stasiun tutup.
Sementara otoritas kota sendiri sebelumnya menyebut bahwa setiap kali ada laga Piala Dunia, maka stasiun baru akan tutup di pukul 03.00 waktu setempat. Hal ini sempat memicu perdebatan panjang antara otoritas dan petugas keamanan stasiun.

Sayangnya, para supir taksi konvensional pun memasang tarif yang begitu tinggi mengingat deman yang begitu besar di malam tersebut. Memang masih ada aplikasi Yandex Taxi, namun menggunakan taksi online bukan pilihan bijak mengingat padatnya jalanan malam itu.

Alhasil, kami pun harus bernego dengan supir taksi asal Kazahkstan yang sama sekali tak bisa berbahasa Inggris. Untungnya seorang rekan wartawan asal Finlandia yang bersama detikSport bisa bicara dengan bahasa setempat dan melakukan tawar-menawar harga.

Harga yang disepakati akhirnya berada di angka 3.500 rubel atau sekitar Rp 875 ribu untuk mengantar rekan kami lebih dulu ke hotel tempatnya menginap, sebelum kami pulang ke apartement di daerah Krasnogory, kira-kira 45 menit dari pusat kota.

Sebagai informasi, tarif normal memakai Yandex Taxi biasanya berkisar antara 900-1.000 rubel (Rp 250 ribu) dari pusat kota menuju ke apartement kami.

(mrp/raw)




Comments
Loading...